Kamis, 25 Oktober 2012

Masyair Muqaddas

Masyair Muqaddas adalah tempat-tempat suci seperti Mina, Muzadlifah, dan Arafah. Jamaah haji diharuskan mengunjungi tempat tersebut karean ritual ibadah yang mesti dilaksanakan ditempat tersebut. kata Mina sering disebut "Muna" adalah bentuk dari jamak "al-Munyah" yang berarti keinginan atau harapan. arti lain dari mina adalah mengucurkan darah. Mina adalah jalan lembah yang disinggahi oleh jamaah haji untuk melempar jumrah. Dinamakan Mina lantaran darah dialirkan padanya. Ibnu al-Arabi mengatakan "orang-orang datang ke Mina dan Allah menjadikan sesuatu yang diinginkan, dia menakdirkannya, dan hal itu dinamakan Mina." Ibnu Syumail mengatakan "Disebut Mina karena domba jantan (kibas) di sembelih di sana.

Muzdalifah, yaitu tempat jamaah haji diperitahkan untuk singgah dan bermalam setelah bertolak dari Arafah pada malam hari. Muzdalifah disebut juga dengan nama "perkumpulan". Dinamakan demikian karena orang-orang berkumpul di sana.

Arafah disebut juga al-Masy'aril Haram, al-mas'yar aqsa, dan llal'ala wazn hilal. gunung yang terdapat di tengahnya adalah Jabal Rahmah. Dinamakan Arafah karena Jibril pernah memperlihatkan manasik kepada Ibrahim. Ibrahim lalu berkata "Araffu, (aku telah tahu). sebab itulah dinamakan Arafah.

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja yang berada di Arafah sebelum terbit fajar, niscaya telah mendapatkan haji." dalam riwayat yang disampaikan dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda, "Siapa saja yang menyaksikan shalat kami ini, lalu wukuf bersama kami hingga kami selesai, dan dia pernah melakukan wukuf sebelm itu pada waktu malam atau siang hari, berarti telah sempurna haji dan ibadahnya. (HR. Imam Ahmad, hadist ini dinyatkan shahih oleh at-tarmidzi)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar